Terbaru

Dukung Peningkatan Kualitas SDM Lokal, PLN terima Rombongan Pelajar SMKS BNKP Gunungsitoli


PT. PLN (Persero) terus berupaya mengambil peran dalam menjalankan amanah undang-undang dasar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah dengan mengajak dan menerima kerjasama akademis melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini juga diterapkan oleh PLN UP3 Nias, saat menerima rombongan pelajar PKL SMKS Kristen BNKP Gunungsitoli pada Selasa (02/07) waktu setempat. Dalam pengarahan dan perkenalan di awal, Pihak sekolah SMKS Kristen BNKP Gunungsitoli merasa bersyukur dengan kesediaan PLN UP3 Nias menerima siswa-siswinya untuk menimba ilmu di instansi tersebut.

“Jujur pak, kami senang ketika anak-anak (siswa-siswi) sekolah BNKP diberi kesempatan dalam kegiatan ini”, ujar Ardilius Baewa, salah satu guru pembimbing PKL di ruangan serbaguna PLN UP3 Nias. SMKS Kristen BNKP Gunungsitoli sendiri mengirimkan 10 pelajar pada kegiatan PKL di PLN UP3 Nias, yang terbagi menjadi dua jurusan yaitu Teknik Komputer Jaringan (TKJ) sebanyak 6 orang dan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) sejumlah 4 orang.

Menurutnya, ini menjadi bagian dari sejarah, dimana baru pertama kali SMKS Kristen BNKP Gunungsitoli melakukan kerjasama dengan PLN. Dirinya berharap, kegiatan yang akan berlangsung dari Juli sampai dengan November 2024 ini, akan menjadi ajang menempa diri pengalaman dan pengetahuan siswa SMKS BNKP dalam mempersiapkan softskill di dunia kerja kelak. Namun ia juga menyampaikan pesan Kepala Sekolah untuk menjaga hubungan kerjasama ini dalam jangka panjang.

“Semoga kerjasama dengan pihak bapak (PLN), tidak hanya berakhir disini”,sebutnya.

Disisi lain, pihak PLN juga mengingatkan para pelajar yang bergabung di program PKL PLN UP3 Nias wajib mentaati peraturan yang berlaku di perusahaan. Tidak hanya itu, PLN menegaskan bahwa selama berkegiatan, para peserta juga harus menjaga nama baik sekolah dan perusahaan di masyarakat umum.

“Karena kalian akan menjadi duta-duta PLN di masyarakat”, ujar Lamris Rajagukguk, selaku pelaksana harian tugas Manajer PLN UP3 Nias.

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Nias Revi Aldrian memberikan pesan melalui sambungan terbuka via saluran zoom kepada peserta PKL SMK BNKP Gunungsitoli Angkatan pertama PLN UP3 Nias, memohon maaf tidak dapat hadir memberi pengarahan ditempat, karena sedang melakukan aktivitas kedinasan di Jakarta. Namun dirinya mengingatkan empat hal kepada seluruh peserta untuk menjaga keselamatan, menjaga Kesehatan, Saling peduli, dan terus belajar mengembangkan diri. Menurutnya keseluruhan hal tersebut menjadi kunci dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan. Ia berharap, dimasa mendatang para peserta akan menjadi tunas harapan kemajuan di Tano Niha.

“Mudah-mudahan dimasa mendatang, (kalian) bisa masuk PLN”, tutupnya yang disambut dengan jawaban Amin oleh seluruh peserta.

Ditahun 2024, PLN UP3 Nias terhitung turut aktif melakukan kerjasama Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di PLN UP3 Nias dengan beberapa sekolah seperti SMKN 1 Dharma Caraka Gunungsitoli, SMKS Baktiluhur Teluk Dalam dan yang terbaru adalah SMKS Kristen BNKP Gunungsitoli. Melalui kesempatan kerjasama akademik yang dilakukan oleh PLN UP3 Nias, diharapkan memberi kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas SDM di Kepulauan Nias, sehingga nantinya berdampak pada kemajuan setempat.

Iklan

Loading...
 border=